Langsung ke konten utama

JR 103 Series


JR 103 SERIES


    Kereta rel listrik JR seri 103 (国鉄103系電車 Kokutetsu 103-kei densha) adalah kereta rel listrik buatan Jepang pada tahun 1964 yang pernah beroperasi hampir di seluruh lintas di Jepang dan pernah menjadi KRL dengan populasi terbanyak di Jepang, dan masih merupakan rekor selama ini. KRL ini berteknologi Rheostat.

    KRL ini adalah kereta rel listrik buatan Jepang tahun 1964 yang beroperasi di lintas Jabodetabek. KRL ini pernah menjadi KRL dengan populasi terbanyak di Jepang, dan masih merupakan rekor selama ini. KRL ini berteknologi rheostat, yaitu teknologi yang saat itu masih umum, karena belum ada teknologi Chopper maupun Variable Voltage Variable Frequency, dengan thryristor Gate Turn-Off (VVVF-GTO) maupun Insulated Gate Bipolar Transistor (VVVF-IGBT). Walaupun demikian, teknologi resistor control telah ada pada saat itu. Pada awalnya KRL ini tidak ber-AC, sama seperti KRL lainnya di Jepang pada saat itu, tetapi sejak tahun 1988, AC pun mulai dipasang untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

    Di Indonesia, KRL ini juga pernah dioperasikan di hampir seluruh lintas yang ada di Jabodetabek. KRL ini beroperasi sejak tahun 2004 hingga tahun 2016. Selama masa dinasnya di Indonesia KRL ini telah melayani semua layanan KRL mulai dari Express, Semi Express, Ekonomi AC, dan yang terakhir sebagai Commuter Line.

    Di Jepang, KRL ini pernah dioperasikan dihampir seluruh lintas yang ada di Jepang khususnya kepemilikan Japan Railway sebagai KRL dengan populasi terbanyak pada masanya untuk menggantikan KRL-KRL yang ada sebelumnya disana. Kini tinggal beberapa saja yang masih beroperasi disana diantaranya di jalur JR West dan JR Kyushu.

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/103_series

        Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan addons KRL JR seri 103 tanpa interior buatan saya sendiri secara GRATISSS yang digunakan untuk game Trainz Simulator buatan N3V Games baik itu untuk PC/Laptop ataupun Android. Tentunya dengan berbagai ketentuan yang ada didalam filenya bisa kalian baca lalu dipahami. Tanpa membuang waktu lama kalian silahkan unduh addonsnya yang ada dibawah ini.

JR 103 Indonesian Livery 2014

        Livery yang berkombanasi dengan warna merah-putih-kuning ini seperti salah satu warna pada minimarket yang ada di Indonesia merupakan livery keluaran tahun 2014 pasca melakukan PA (Perawatan Akhir). Livery ini juga merupakan yang terakhir digunakan pada rangkaian KRL JR 103 yang masih berdinas di Indonesia pada saat itu hingga masa purna tugasnya pada 1 Januari 2016.

Unduh Disini

JR 103 Indonesian Livery 2011

        Livery yang berkombinasi warna putih dengan garis coklat muda dan tua ala JR Central merupakan livery keluaran tahun 2011 pasca melakukan PA (Perawatan Akhir). Livery ini juga merupakan yang terakhir digunakan pada rangkaian KRL JR 103 E20 dan E27 yang berdinas di Indonesia pada saat itu dan harus mengakhiri masa tugasnya lebih awal dibandingkan JR 103 lainnya di Indonesia yang menyusul purna tugas pada 1 Januari 2016.

Unduh Disini

#TrainzSimulator #JR103 #103系

Postingan populer dari blog ini

JR 203 Series

  JR 203 SERIES      Kereta rel listrik JR East seri 203 (国鉄203系電車 Kokutetsu 203-kei densha) adalah KRL yang diperkenalkan sejak tahun 1982 oleh Japanese National Railways (JNR) dan pasca privatisasi, KRL JR 203 ini dioperasikan oleh East Japan Railway Company . KRL ini beroperasi di berbagai jalur yang ada di Jepang, tepatnya di jalur Joban Line dan terusannya yaitu Tokyo Metro Chiyoda Line, tetapi KRL ini tidak beroperasi di jalur terusannya lagi yaitu Odakyu Odawara Line karena ketidakcocokan sistem keamanan dan sistem keselamatan, dan kini beroperasi di lintas Jabodetabek.      KRL ini dihibahkan oleh East Japan Railway Company (JR East) karena sudah tidak dioperasikan lagi dan tugasnya di Jepang telah digantikan oleh JR East E233-2000 di lintas Joban Line, dan merupakan KRL hibah kedua di Indonesia setelah Toei seri 6000.      KRL seri 203 didatangkan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek pada bulan Juli 2011 sebanyak 5 rangkaian (MaTo 51F, 52F, 66F, 68F, 69F) dikirim ke Indonesia s

HAK CIPTA

BAB I PENDAHULUAN A.  Latar Belakang      Hak Cipta merupakan hak khusus bagi pencipta atau pemegangnya untuk memperbanyak atau menggandakan hasil karya ciptaannya yang tumbuh bersamaan dengan lahirnya suatu ciptaan. Pencipta berhak pula atas manfaat ekonomi yang lahir dari ciptaannya tersebut, baik dibidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra. Pelanggaran Hak Cipta itu dihukum sebagaimana yang tercantum menurut Pasal 44 Undang-undang No. 12 Tahun 1997 Junto (J.o) Pasal 72 undang-undang No. 19 Tahun 2000.      Harus diakui bahwa penyesuaian terhadap tuntutan masyarakat yang homogen menjadikan kreativitas para pencipta lagu menurun dari tahun ke tahun. Industri rekaman Indonesia dipenuhi dengan lagu-lagu bertema cinta, dengan lirik yang serupa dan melodi yang hampir sama. Ketika komunitas pencipta lagu terbawa arus industri seperti ini, kreativitas dan kualitas ciptaan lagu menjadi tidak penting. Bagi mereka, musik pop tidak lebih dari sekedar hiburan.      Seiring berjalannya waktu, t